Selasa, 12 Juni 2012

ISTIRAHAT YANG BAIK


Pola Istirahat yang Baik dan Benar


bayi-tidur
Istirahat yang baik tentunya akan membuat tubuh kita menjadi senantiasa bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Istirahat dapat me-recharge kembali tubuh kita setelah melakukan aktivitas keseharian yang padat. Lantas bagaimanakah istirahat yang baik dan benar itu? Disini saya akan sedikit berbagi dengan teman-teman mengenai hal tersebut. Tulisan ini merupakan hasil comparing saya terhadap beberapa artikel-artikel sebelumnya. Inilah kesimpulannya:
Istirahat bagi tubuh kita ada berbagai macamnya, yaitu tidur, bersantai, perubahan dalam aktifitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau masalah-masalah lainnya. Berjalan di udara segar, bermain tenis, menjernihkan pikiran, semuanya dapat menenangkan otot-otot. Namun dari semua hal tadi, faktor terpenting dalam istirahat adalah tidur. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada saat ini sangat melelahkan, umat manusia berjuang/berusaha keras untuk bekerja. Kita semua membutuhkan istirahat untuk melawan segala kepenatan.
Dalam satu hari, jantung kita berdetak sebanyak 100.000 kali, darah kita mengalir melalui 17 juta mil arteri, urat darah halus dan juga pembuluh-pembuluh darah. Kita berbicara sebanyak 4.000 kata, bernafas sebanyak 20.000 kali, menggerakkan otot-otot besar sebanyak 750 kali, dan mengoperasikan 14 milyar sel otak. Manusia membutuhkan istirahat.
Studi menunjukkan dimana setelah kita bangun dari tidur yang cukup, otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik. Pencapaian persetujuan, pengertian /pemahaman segala jenis masalah biasanya dapat diselesaikan dengan sukses apabila dilakukan pada pagi hari dibanding pada di waktu malam hari. Pertumbuhan hormon penting untuk meningkatkan kualitas, ukuran dan efisiensi otak, juga meningkatkan pengangkutan asam amino dari darah ke otak, yang memungkinkan sel syaraf untuk dapat memiliki pengetahuan yang permanen dan berguna. Kebanyakan dari pertumbuhan hormon diproduksi pada saat kita tidur dengan tenang (tanpa beban).
Salah satu hormon yang penting dalam aktivitas istirahat kita adalah kortisol, dimana waktu produksi tertingginya adalah dari waktu tengah malam hingga di waktu pagi (pagi-pagi sekali). Kortisol memainkan peranan yang besar dalam membantu kita menghadapi stress/tekanan yang kita hadapi setiap hari, mengurangi rasa penat dan peradangan. Bila manusia tidur terlambat, mereka membatasi kemampuan tubuh untuk menangani segala kegiatan dan mengurangi tenaga dan vitalitas pada keesokan harinya.
Apa yang terjadi di dalam tubuh ketika kita tidur?
Tubuh manusia telah diatur sedemikian rupa dimana setiap organnya memiliki waktu untuk beristirahat dan pemulihan. Pada saat tidur, semua otot beristirahat dan sistem saraf kita dibebaskan dari segala ketegangan, kekerasan yang sering terjadi tiap-tiap hari. Inilah saatnya dimana tubuh memperbaiki dirinya. Penelitian tentang tidur telah menunjukkan bahwa tidur tidak saja merupakan satu keadaan tidak sadar; tetapi sesungguhnya mengandung 2 jenis tidur yang berbeda yaitu
1. REM (Rapidly Eyes Motion) Sleep : tidur dimana mata bergerak dengan - cepat waktu mimpi.
2. Non-REM Sleep (NREM) : tidur dimana mata tidak bergerak dengan cepat,
Kedua jenis tidur ini timbul dengan pola siklus yang teratur , ditandai oleh variasi kelelapan tidur dan variasi gelombang otak gerakan mata dan otot.
Cara tidur NREM memberikan pemulihan dan ketenangan secara keseluruhan pada tubuh dan otot-otot. Suhu tubuh dan tekanan darah menurun. Nafas menjadi teratur dan lambat. Permulaan tidur (tingkat 1) merupakan saat-saat mengantuk, dan akfifitas/kegiatan otak sama seperti yang terlihat pada orang yang tidak sedang tidur.
Tingkat 1 merupakan tingkat yang sangat tenang dan seperti bermimpi, tetapi Anda masih sadar akan keadaan sekeliling Anda. Sementara otot-otot terasa tenang, seringkali otot-otot tersebut menyentak dan bergerak secara refleks. Beberapa orang terbangun dengan hentakan yang keras. Keadaan ini disebut “myoclonic jerk” dan ini sama sekali tdak menyakitkan.
Ketika tidur secara berangsur menuju pada tahap yang ke II, perubahan pada gelombang otak dapat terlihat, dimana gelombang tersebut menjadi lebih lambat.
Tahap ke II dan III adalah tahapan yang menuju pada tingkat tidur yang sesungguhnya. Anda tidak akan sadar terhadap sekeliling anda - tetapi dapat terbangun dengan mudah. Kira-kira 40 menit setelah tahap I anda akan memasuki tahap ke IV, tahap dimana keadaan tidur yang sangat sulit/sukar untuk bangun. Tahap ini adalah tahap pemulihan, penenangan dan tahap beristirahatnya fisik tubuh. Tahap IV ini bertanggung jawab pada setiap kegiatan buruk tidur yang bisa saja terjadi; dalam tahap ini bisa saja orang mendengkur, anak-anak mengompol dan tidur sambil berjalan.
Pada akhir 90 menit dari tidur secara total, Anda akhirnya kembali pada tahap tidur yang lebih ringan yaitu tahap I. Tetapi gantinya memasuki tahap I kembali, anda memasuki tahap REM (tidur mimpi). Ciri-ciri dari REM termasuk sentakan otot, penenangan, tekanan darah dan tidak teraturnya denyut nadi. Seluruh siklus ini berulang 4 sampai 6 kali dalam satu malam. Setiap orang bermimpi pada keadaan tidur REM, walaupun mimpinya itu tidak dapat diingat. Sama seperti pada tahap IV dimana tidur dapat menenangkan anda secara fisik, maka tidur REM menenangkan anda secara mental dan sangat penting untuk belajar dan menghapal. Jadi, tidur yang cukup pada saat pengambilan keputusan atau masalah penting bisa menjadi suatu hal yang sangat baik.
Kekurangan REM lebih menjengkelkan dan tidak menenangkan daripada kekurangan NREM. N. R. Culler don H B Cohen, dalam “The Effect of One Night’s Sleep Loss on Moods and Memory in Normal Subjects,” mengidentifikasikan bahwa studi yang dilakukan pada orang-orang yang kehilangan tidur mengakibatkan orang tersebut menjadi kurang dapat berintegrasi dengan baik dan kurang efekfif. Mereka menunjukkan tanda-tanda kebingungan, curiga dan gampang menyerah. Mereka terlihat khawatir, tak merasa aman dan lekas marah, dan mereka memiliki gejala-gejala peningkatan selera makan dan peningkatan berat badan secara pasti. Kekurangan tidur pada tahap ke IV, juga menyebabkan orang mengalami banyak kerugian. Secara fisik mereka merasa tidak nyaman, cenderung menarik diri dari lingkungan sosial dan teman-temannya, tidak agresif dan tidak ramah, dan menunjukkan adanya keluhan-keluhan fisik dan perasaan. Penelitian menunjukkan bahwa tidur nyenyak lebih penting dari (tidur) bermimpi. Dengan kata lain, kebutuhan tidur nyenyak dipenuhi terlebih dahulu, setelah kebutuhan mimpi dipenuhi. Tubuh mencoba membangun kembali keseimbangan normalnya diantara tahap-tahap tidur tersebut.
Tidur pada siang hari tidak memiliki ritme/irama yang sama dengan tidur di malam hari. REM lebih menonjol selama tidur pagi dan tidur tahap IV (tidur nyenyak) lebih menonjol di malam hari.
Tiap-tiap orang membentuk sendiri pola tidurnya, yang berubah-ubah dari malam ke malam dan juga dipengaruhi oleh emosi dan fisik orang tersebut.
Kenapa kok kita sering sulit tidur ya?
Meskipun 7 menit adalah waktu yang biasanya diperlukan bagi seseorang untuk jatuh tertidur, banyak orang menderita karena ketidakmampuannya untuk tidur, atau mereka bisa jadi terbangun di malam hari dan menemui kesulitan untuk kembali tidur. Mereka yang mengalami kesulitan tidur biasanya disebabkan oleh masalah stress, patofisiologi, penyakit psychososial, ketergantungan obat, dan karena proses penuaan.
Hampir semua obat penenang menganggu tidur tahap REM. REM dikurangi dengan antidepresan, amphetimines dan alkohol. Meskipun alkohol kelihatannya dapat mempercepat permulaan dari tidur, alkohol lebih banyak merugikan pada tidur dikarenakan menekan REM. Kebiasaan menggunakan alkohol mengakibatkan penekanan pada REM lalu mendatangkan pikiran yang tidak waras (mabuk, mengigau). Rintangan normal yang menahan mimpi ke tahap tidur terputus, dan mimpi menjadi terganggu pada tahap sadar yang menyebabkan halusinasi yang mengerikan.
Pil tidur bermanfaat bila digunakan dalam jangka waktu pendek dan terkendali dalam penggunaannya. Tetapi pengaruhnva menurun dengan berlanjutnya penggunaannya dan seperti alkohol dimana mereka tidak dapat memberikan kenyamanan tidur. Pil tidur menjadi pecah dan naik dari tahap ke tahap dan tidak mengikuti irama normal selama 90 menit.
Bagaimana Cara Meningkatkan Tidur yang Baik
o Waktu tidur yang dianggap baik adalah selama 7-8 jam. Namun kini waktu itu tak lagi menjadi patokan. Selama kualitas tidur itu baik, tak peduli lama atau sebentar, Anda juga bisa kembali fresh keesokan harinya.
o Cara terbaik untuk meningkatkan tidur yang baik adalah dengan melakukan olah raga secara teratur. Para atlit dapat tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan orang lain.
o Bila kamar tidur dan kasur Anda telah digunakan untuk fungsi lain, ini justru akan mengurangi kualitas ruang istirahat. Jadi jangan sekali-kali menyatukan ruang tidur dengan ruang kerja atau belajar. Untuk Anda yang masih kos sebaiknya fungsikan bagian-bagian kecil di kamar dengan sebaik mungkin. Sehingga kasur hanya dipakai untuk tidur selebihnya lakukan aktivitas lain seperti belajar atau menonton TV di tempatlain.
o Memiliki waktu yang tetap untuk tidur dan bangun di pagi hari, bahkan di akhir pekan dan waktu libur. Kitalah yang menciptakan /membuat kebiasaan. Jam tidur yang berantakan bisa mengganggu jam biologis Anda.
o Aturlah kegiatan-kegiatan/aktivitas sehari-hari secara rutin, termasuk kebiasaan makan.
o Hindari makan terlalu malam. Sistim pencernaan yang terlalu berat dapat mencegah tidur yang tenang. Biarkan makan terakhir anda lebih ringan dan dilakukan 3-4 jam sebelum anda beristirahat.
o Hindari alkohol, kafein (kopi, teh, coklat) dan obat-obat lain. Ini dapat menurunkan tingkat REM
o Hindari bekerja terlalu berat, karena dapat memacu hormon kortisol, yang akan mempersiapkan tubuh melakukan kegiatan. Bila dipicu dengan kegiatan yang memakan energi, hormon ini akan muncul lebih cepat dan Anda pun akan terbangun di tengah malam.
o Akhiri hari Anda dengan santai dan hindari program-program TV yang menegangkan, bacaan dan argumen-argumen.
o Lakukan jalan-jalan di waktu senggang, ambil nafas panjang di udara jernih.
o Baringkan tubuh di tempat yang nyaman, dan sedikit demi sedikit kendurkan setiap bagian tubuh sambil membayangkan tempat yang menyenangkan.
o Lakukan mandi air hangat, bukan air panas.
o Ruangan tidur haruslah sejuk, penuh dengan udara segar, sehening mungkin. Jika ribut/kegaduhan adalah masalahnya, penyumbat telinga dapat bermanfaat. Penutup mata bisa digunakan untuk menghindari cahaya yang tidak diinginkan.
o Pastikan Anda cukup mengonsumsi magnesium dan kalsium, mineral yang dapat membantu menghilangkan stres dan mencegah depresi. Setiap hari, tubuh memerlukan paling tidak 320 mg magnesium dan 1000 mg kalsium. Makanan yang mengandung magnesium di antaranya kacang-kacangan, ikan tuna, bayam, oatmeal, pisang, jeruk atau stroberi. Sedangkan kalsium terkandung dalam beberapa sayuran hijau, produk susu, ikan sarden, kacang-kacangan dan tahu.
Jangan lupa berdoa agar Anda diberi perlindungan dan kekuatan untuk menghadapi hari esok.
o Lakukan latihan-latihan penenangan.Tenangkan pikiran Anda. Pikiran yang kacau dan juga kecemasan-kecemasan sepanjang hari sangat sering membuat orang tidak bisa tidur. Sangat baik bila memusatkan pikiran pada satu hal tertentu. Berdoa & berdzikir sebelum tidur dapat memberi anda pikiran yang tentram dan juga tidur yang indah.
o Jika belum bisa tidur juga jangan berlama-lama berbaring di atas tempat tidur. Lebih baik bangun dan lakukan aktivitas lain. Hindari tempat tidur sebelum Anda merasa terkantuk.
Tidur adalah suatu pemulih yang besar. Tidur dapat memulihkan sel-sel otot Anda, termasuk hati, ginjal, tulang sumsum, perut dan otak Anda. Jika mata kaki Anda terkilir, terpotong, atau patah tulang, Anda akan merasa lebih cepat sehat apabila Anda tidur. Tidur juga mempersiapkan, kecepatan akurasi dan efisiensi secara fisik dan mental. Tidur akan melenyapkan kepenatan dan juga salah satu penyegar otak yang alami. Pada saat seseorang tidur sel kulit terbagi, membuat sel-sel baru 2 kali lebih cepat pada saat seseorang terjaga, sehingga membuat seseorang dapat terlihat muda lebih lama.
Terakhir dariku tapi justru ini yang terpenting. Sebelum tidur, kita disunnahkan untuk berdzikir dan berdoa. Rasulullah SAW mencontohkan bagaimana caranya melaksanakan sunnah tersebut. Di antaranya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits di bawah ini:
“Rapatkan kedua telapak tangan, kemudian ditiup dan dibacakan surat Al-Ikhlash (Qul huwallaahu ahad), surat Al-Falaq (Qul a’uudzi bi rabbil-falaq), dan surat An-Naas (Qul a’uudzu bi rabbin-naas). Lalu, dengan kedua telapak tangan itu, bagian tubuh yang dapat dijangkau diusap. Mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan.” (HR. Bukhari, Muslim, Malik, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan An-Nasa’i) [3x]
Setelah itu baca ayat Kursi (Al-Baqarah: 255) (HR. Bukhari)
Lalu baca surat Al-Baqarah ayat 285-286 (HR. Bukhari & Muslim)
Terakhir, baca doa sebelum tidur: “Bismika Allaahumma amuut wa ahyaa”. (Dengan namaMu, Ya Allah, aku mati dan hidup) (HR. Bukhari & Muslim)
Tips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat -Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Tips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat. jerawat pada muka pasti anda pernah merasakan, tapi anda akan lebih pusing jika bekas jerawat itu meninggalkan noda hitam yang sulit sekali untuk di hilangkan, wah bisa-bisa kurang menarik pada lawan jenis tuh jika muka atau wajah anda ada flek hitam bekas luka jerawat. Cara menghilangkam noda hitam bekas jerawat pada muka karena bekas jerawat memang sangat penting seperti halnya cara menghilangkan jerawat, jika jerawat hilang tanpa ada sisa noda atau flek hitam maka itu di anggap bagus, karena muka sangat penting bagi setiap individu manusia. Muka sama pentingnya dengan rambut, banyak sekali orang yang bermasalah dengan rambut rontok dan banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe, untuk itu sebenarnya semua organ manusia itu sangat penting untuk di rawat dengan baik seperti halnya terapi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami. sangat penting bagi manusia sebuah muka itu tidak bisa di tutupi sama dengan kulit, jika kulit anda hitam maka anda akan selalu berusaha mengetahui bagaimana cara memutihkan kulit secara alami, nah dari pada ngomong terus mari kita bahas tips Ampuh cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami di bawah ini : - Bersihkan muka anda setiap pagi, sore dan setiap akan tidur, khususnya anda yang sering memakai mkae up. - Terapi dengan jus lemon caranya hasil jus oleskan pada muka anda dan diamkan selama beberapa menit. - Konsumsi daun kemangi karena itu baik utuk mencegah jerawat, baiknya di konsumsi tiap hari dengan memakan daun mentahnya. - Lidah buaya juga baik untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, atau juga bisa di jus untuk di minum setiap hari untuk pengobatan dari dalam.

Original Article from: http://utuy-semrawut.blogspot.com/2011/11/tips-ampuh-menghilangkan-noda-hitam.html
Copyright Utuy-SemrawutTips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat -Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Tips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat. jerawat pada muka pasti anda pernah merasakan, tapi anda akan lebih pusing jika bekas jerawat itu meninggalkan noda hitam yang sulit sekali untuk di hilangkan, wah bisa-bisa kurang menarik pada lawan jenis tuh jika muka atau wajah anda ada flek hitam bekas luka jerawat. Cara menghilangkam noda hitam bekas jerawat pada muka karena bekas jerawat memang sangat penting seperti halnya cara menghilangkan jerawat, jika jerawat hilang tanpa ada sisa noda atau flek hitam maka itu di anggap bagus, karena muka sangat penting bagi setiap individu manusia. Muka sama pentingnya dengan rambut, banyak sekali orang yang bermasalah dengan rambut rontok dan banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe, untuk itu sebenarnya semua organ manusia itu sangat penting untuk di rawat dengan baik seperti halnya terapi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami. sangat penting bagi manusia sebuah muka itu tidak bisa di tutupi sama dengan kulit, jika kulit anda hitam maka anda akan selalu berusaha mengetahui bagaimana cara memutihkan kulit secara alami, nah dari pada ngomong terus mari kita bahas tips Ampuh cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami di bawah ini : - Bersihkan muka anda setiap pagi, sore dan setiap akan tidur, khususnya anda yang sering memakai mkae up. - Terapi dengan jus lemon caranya hasil jus oleskan pada muka anda dan diamkan selama beberapa menit. - Konsumsi daun kemangi karena itu baik utuk mencegah jerawat, baiknya di konsumsi tiap hari dengan memakan daun mentahnya. - Lidah buaya juga baik untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, atau juga bisa di jus untuk di minum setiap hari untuk pengobatan dari dalam.

Original Article from: http://utuy-semrawut.blogspot.com/2011/11/tips-ampuh-menghilangkan-noda-hitam.html
Copyright Utuy-SemrawutTips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat -Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Tips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat. jerawat pada muka pasti anda pernah merasakan, tapi anda akan lebih pusing jika bekas jerawat itu meninggalkan noda hitam yang sulit sekali untuk di hilangkan, wah bisa-bisa kurang menarik pada lawan jenis tuh jika muka atau wajah anda ada flek hitam bekas luka jerawat. Cara menghilangkam noda hitam bekas jerawat pada muka karena bekas jerawat memang sangat penting seperti halnya cara menghilangkan jerawat, jika jerawat hilang tanpa ada sisa noda atau flek hitam maka itu di anggap bagus, karena muka sangat penting bagi setiap individu manusia. Muka sama pentingnya dengan rambut, banyak sekali orang yang bermasalah dengan rambut rontok dan banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe, untuk itu sebenarnya semua organ manusia itu sangat penting untuk di rawat dengan baik seperti halnya terapi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami. sangat penting bagi manusia sebuah muka itu tidak bisa di tutupi sama dengan kulit, jika kulit anda hitam maka anda akan selalu berusaha mengetahui bagaimana cara memutihkan kulit secara alami, nah dari pada ngomong terus mari kita bahas tips Ampuh cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami di bawah ini : - Bersihkan muka anda setiap pagi, sore dan setiap akan tidur, khususnya anda yang sering memakai mkae up. - Terapi dengan jus lemon caranya hasil jus oleskan pada muka anda dan diamkan selama beberapa menit. - Konsumsi daun kemangi karena itu baik utuk mencegah jerawat, baiknya di konsumsi tiap hari dengan memakan daun mentahnya. - Lidah buaya juga baik untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, atau juga bisa di jus untuk di minum setiap hari untuk pengobatan dari dalam.

Original Article from: http://utuy-semrawut.blogspot.com/2011/11/tips-ampuh-menghilangkan-noda-hitam.html
Copyright Utuy-SemrawutTips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat -Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Tips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat. jerawat pada muka pasti anda pernah merasakan, tapi anda akan lebih pusing jika bekas jerawat itu meninggalkan noda hitam yang sulit sekali untuk di hilangkan, wah bisa-bisa kurang menarik pada lawan jenis tuh jika muka atau wajah anda ada flek hitam bekas luka jerawat. Cara menghilangkam noda hitam bekas jerawat pada muka karena bekas jerawat memang sangat penting seperti halnya cara menghilangkan jerawat, jika jerawat hilang tanpa ada sisa noda atau flek hitam maka itu di anggap bagus, karena muka sangat penting bagi setiap individu manusia. Muka sama pentingnya dengan rambut, banyak sekali orang yang bermasalah dengan rambut rontok dan banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe, untuk itu sebenarnya semua organ manusia itu sangat penting untuk di rawat dengan baik seperti halnya terapi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami. sangat penting bagi manusia sebuah muka itu tidak bisa di tutupi sama dengan kulit, jika kulit anda hitam maka anda akan selalu berusaha mengetahui bagaimana cara memutihkan kulit secara alami, nah dari pada ngomong terus mari kita bahas tips Ampuh cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami di bawah ini : - Bersihkan muka anda setiap pagi, sore dan setiap akan tidur, khususnya anda yang sering memakai mkae up. - Terapi dengan jus lemon caranya hasil jus oleskan pada muka anda dan diamkan selama beberapa menit. - Konsumsi daun kemangi karena itu baik utuk mencegah jerawat, baiknya di konsumsi tiap hari dengan memakan daun mentahnya. - Lidah buaya juga baik untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, atau juga bisa di jus untuk di minum setiap hari untuk pengobatan dari dalam.

Original Article from: http://utuy-semrawut.blogspot.com/2011/11/tips-ampuh-menghilangkan-noda-hitam.html
Copyright Utuy-SemrawutTips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat -Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Tips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat. jerawat pada muka pasti anda pernah merasakan, tapi anda akan lebih pusing jika bekas jerawat itu meninggalkan noda hitam yang sulit sekali untuk di hilangkan, wah bisa-bisa kurang menarik pada lawan jenis tuh jika muka atau wajah anda ada flek hitam bekas luka jerawat. Cara menghilangkam noda hitam bekas jerawat pada muka karena bekas jerawat memang sangat penting seperti halnya cara menghilangkan jerawat, jika jerawat hilang tanpa ada sisa noda atau flek hitam maka itu di anggap bagus, karena muka sangat penting bagi setiap individu manusia. Muka sama pentingnya dengan rambut, banyak sekali orang yang bermasalah dengan rambut rontok dan banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe, untuk itu sebenarnya semua organ manusia itu sangat penting untuk di rawat dengan baik seperti halnya terapi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami. sangat penting bagi manusia sebuah muka itu tidak bisa di tutupi sama dengan kulit, jika kulit anda hitam maka anda akan selalu berusaha mengetahui bagaimana cara memutihkan kulit secara alami, nah dari pada ngomong terus mari kita bahas tips Ampuh cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami di bawah ini : - Bersihkan muka anda setiap pagi, sore dan setiap akan tidur, khususnya anda yang sering memakai mkae up. - Terapi dengan jus lemon caranya hasil jus oleskan pada muka anda dan diamkan selama beberapa menit. - Konsumsi daun kemangi karena itu baik utuk mencegah jerawat, baiknya di konsumsi tiap hari dengan memakan daun mentahnya. - Lidah buaya juga baik untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, atau juga bisa di jus untuk di minum setiap hari untuk pengobatan dari dalam.

Original Article from: http://utuy-semrawut.blogspot.com/2011/11/tips-ampuh-menghilangkan-noda-hitam.html
Copyright Utuy-SemrawutTips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat -Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Tips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat. jerawat pada muka pasti anda pernah merasakan, tapi anda akan lebih pusing jika bekas jerawat itu meninggalkan noda hitam yang sulit sekali untuk di hilangkan, wah bisa-bisa kurang menarik pada lawan jenis tuh jika muka atau wajah anda ada flek hitam bekas luka jerawat. Cara menghilangkam noda hitam bekas jerawat pada muka karena bekas jerawat memang sangat penting seperti halnya cara menghilangkan jerawat, jika jerawat hilang tanpa ada sisa noda atau flek hitam maka itu di anggap bagus, karena muka sangat penting bagi setiap individu manusia. Muka sama pentingnya dengan rambut, banyak sekali orang yang bermasalah dengan rambut rontok dan banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe, untuk itu sebenarnya semua organ manusia itu sangat penting untuk di rawat dengan baik seperti halnya terapi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami. sangat penting bagi manusia sebuah muka itu tidak bisa di tutupi sama dengan kulit, jika kulit anda hitam maka anda akan selalu berusaha mengetahui bagaimana cara memutihkan kulit secara alami, nah dari pada ngomong terus mari kita bahas tips Ampuh cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami di bawah ini : - Bersihkan muka anda setiap pagi, sore dan setiap akan tidur, khususnya anda yang sering memakai mkae up. - Terapi dengan jus lemon caranya hasil jus oleskan pada muka anda dan diamkan selama beberapa menit. - Konsumsi daun kemangi karena itu baik utuk mencegah jerawat, baiknya di konsumsi tiap hari dengan memakan daun mentahnya. - Lidah buaya juga baik untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, atau juga bisa di jus untuk di minum setiap hari untuk pengobatan dari dalam.

Original Article from: http://utuy-semrawut.blogspot.com/2011/11/tips-ampuh-menghilangkan-noda-hitam.html
Copyright Utuy-SemrawutTips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat -Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Tips Ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat. jerawat pada muka pasti anda pernah merasakan, tapi anda akan lebih pusing jika bekas jerawat itu meninggalkan noda hitam yang sulit sekali untuk di hilangkan, wah bisa-bisa kurang menarik pada lawan jenis tuh jika muka atau wajah anda ada flek hitam bekas luka jerawat. Cara menghilangkam noda hitam bekas jerawat pada muka karena bekas jerawat memang sangat penting seperti halnya cara menghilangkan jerawat, jika jerawat hilang tanpa ada sisa noda atau flek hitam maka itu di anggap bagus, karena muka sangat penting bagi setiap individu manusia. Muka sama pentingnya dengan rambut, banyak sekali orang yang bermasalah dengan rambut rontok dan banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe, untuk itu sebenarnya semua organ manusia itu sangat penting untuk di rawat dengan baik seperti halnya terapi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami. sangat penting bagi manusia sebuah muka itu tidak bisa di tutupi sama dengan kulit, jika kulit anda hitam maka anda akan selalu berusaha mengetahui bagaimana cara memutihkan kulit secara alami, nah dari pada ngomong terus mari kita bahas tips Ampuh cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah secara alami di bawah ini : - Bersihkan muka anda setiap pagi, sore dan setiap akan tidur, khususnya anda yang sering memakai mkae up. - Terapi dengan jus lemon caranya hasil jus oleskan pada muka anda dan diamkan selama beberapa menit. - Konsumsi daun kemangi karena itu baik utuk mencegah jerawat, baiknya di konsumsi tiap hari dengan memakan daun mentahnya. - Lidah buaya juga baik untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, atau juga bisa di jus untuk di minum setiap hari untuk pengobatan dari dalam.

Original Article from: http://utuy-semrawut.blogspot.com/2011/11/tips-ampuh-menghilangkan-noda-hitam.html
Copyright Utuy-Semrawut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar